TUGAS MATA
PELAJARAN
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
( T I K )
Disusun sebagai tugas akhir
mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester 1
Oleh :
Nama : Hananta
Nur Hanggara
Kelas : IX-D
No : 12
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PATEBON
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
DAFTAR
ISI
Halaman Judul ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi iv
Bab I. Pendahuluan 1
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Tujuan Penulisan 1
1.3. Ruang Lingkup 1
1.4. Sumber Data 2
1.5. Metode 2
Bab II. Pembahasan dan Isi 3
2.1. Internet dan perkembangannya 3
2.2. Dampak positip internet terhadap pelajar 4
2.3. Dampak negatip internet terhadap pelajar 6
Bab III. Penutup 11
3.1. Simpulan 11
3.2. Saran 11
Daftar Pustaka 13
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latarbelakang
Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan
teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai
informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking
secara global karena merupakan jaringan komputer dalam skala internasional.
Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi pelajar, karena dengan
menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi-informasi secara cepat
dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media dapat
dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih
ini bukan hanya memberi manfaat bagi penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh
yang negatif bagi penggunanya, terutama bagi kalangan pelajar.
Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat diakses dari internet ada yang
bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan tapi ada juga yang dapat merusak
mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs porno.
Dengan
adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna
internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk
melakukan penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak
negatip internet terhadap pelajar.
1.2. Tujuan Penulisan
1. Menambah pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya
2. Menambah pengetahuan tentang dampak positip dan negatip internet bagi pelajar.
1.3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penulisan makalah ini adalah mencakup
pengaruh atau dampak internet terhadap penggunanya. Dampak yang ditimbulkan
oleh internet terhadap pelajar dapat bersifat positip dan dapat bersifat
negatip. Antisipasi perlu dilakukan agar pelajar tidak kecanduan internet.
1.4. Sumber Data
4.1. Tinjauan pustaka tentang pengertian dan sejarah internet
4.2. Pengamatan langsung terhadap perilaku pelajar sebagi pengguna internet
4.3. Tinjauan pustaka tentang dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
1.5. Metode
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
5.1. Tinjauan Pustaka
5.2. Pengamatan langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
BAB
II
PEMBAHASAN
DAN ISI
2.1. Internet dan perkembangannya
Internet sendiri berasal dari kata International
Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang saling
berhubungan kemudian membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan
komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan juga saling
bertukar informasi.
Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu
pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat
jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik,
audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang
bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika
dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan
efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat,
seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi
terkait.
Pada awalnya internet adalah suatu jaringan komputer
yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu
itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer
berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga
melalui saluran telepon. Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para
peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh
perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna
internet tersebar di seluruh dunia telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus
lima puluh juta orang, dan jumlah itu masih akan terus bertambah lagi.
Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut
memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai
sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah
digunakan sebagai sarana untuk jejaring social seperti e-mail dan facebook
serta kini digunakan untuk bisnis mencari uang. Harga tarif akses internet pun
saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang
lalu. dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah
perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses
internet.
Quarterman
dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:
2.1.1.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
2.1.2.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world
wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia
dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.1.3.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.1.4.
Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para
pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet
dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis,
dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari,
maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia
maya).
2.2.
Dampak positip internet terhadap pelajar
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala
aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial.
Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya di seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email,
newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang
pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan
akurat.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain.
Internet sangat memberikan pengaruh positip bagi
pelajar. Kemajuan dunia informasi memberikan manfaat positif pada keberadaan
internet. Banyak pelajar yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan
tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
Kalau
dulu, orang harus membuka berbagai jenis buku dan koran untuk mencari tahu
tentang suatu info. Atau dengan menyimak radio dan tv. Tapi kini, cukup dengan
bantuan internet, semua info seakan membanjir.
Banyak pelajar yang sudah fasih dengan manfaat dan
kegunaan situs-situs tertentu. Cukup dengan berkunjung ke wikipedia, misalnya,
sesuatu masalah telah terselesaikan. Mereka juga dengan mudahnya googling untuk
mencari tugas dari sekolah.
Selain mempermudah tugas sekolah, internet juga
membantu pelajar untuk mengembangkan diri. Mereka bisa tahu tentang info
beapelajar, info lomba, dan berbagai info bermanfaat lainnya.
Pelajar juga dapat menggunakan internet untuk membuka
wawasan dan memperluas pergaulan mereka. Mereka dapat berteman dengan siapa
saja dari mana saja. Pelajar pun dapat berlatih kemampuan bahasa asing yang
mereka miliki dari teman-teman baru yang didapatnya dari internet. Berbagai
manfaat internet bagi pelajar antara lain yaitu :
2.2.1.1.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
2.2.1.2.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world
wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia
dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.2.1.3.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat,
menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.2.1.4.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa
saja yang terjadi.
2.2.1.5.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain
2.2.1.6.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak
perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak
positif internet terhadap pelajar sangat besar. Dari pengamatan penggunaan
internet bagi pelajar pada warnet, bisa diketahui bahwa semakin lama penggunaan
internet semakin penting sebagai sarana komunikasi pelajar terutama pada
kalangan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fasilitas internet
seperti e-mail, situs web ( www ), YM ( Yahoo Massenger ) dan jejaring social
facebook sudah sangat popular di antara para pelajar, baik sebagai sarana
komunikasi maupun alat untuk mencari data untuk penelitian lain juga sebagai
alat untuk memperluas pergaulan dan perkenalan antar pengguna internet. Selain
itu, penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal
sebagai ‘bahasa internet’. Memang, bahasa yang dipakai dengan menggunakan
internet tergantung pada siapa dan dengan siapa pengguna internet
berkomunikasi.
Karena
dampak positif internet bagi pelajar sangat banyak, maka mau tidak mau, suka
tidak suka, kita harus menggunakan internet sebagai sarana komunikasi yang
tercepat dan tercanggih untuk saat ini dengan resiko menerima dampak
negatifnya.
2.3.
Dampak negatip internet terhadap pelajar
Dampak
Negatif Penggunaan Internet secara umum adalah sebagai berikut :
2.3.1.
Cybercrime
Adalah
kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang
bersifat.
•
Melintasi batas Negara
•
Perbuatan dilakukan secara illegal
•
Kerugian sangat besar
•
Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk
cybercrime sebagai berikut :
1.
Hacking
Usaha
memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan
system jaringan.
2.
Cracking
Usaha
memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau
menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2.3.2.
Pornografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di
internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.3.3.
Violence And Gore
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
2.3.4.
Penipuan
Hal
ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Andadapatkan
pada penyedia informasi tersebut.
2.3.5.
Carding
Karena
sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu
kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
2.3.6.
Perjudian
Dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi
tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs
seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak
persetujuan dari pengunjungnya. Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan
perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan
mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa
membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat
menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
Walaupun banyak manfaat positif yang dapat diperoleh
pelajar dari internet. Namun tidak sedikit pula pengaruh negatif yang
ditimbulkan oleh internet.
Beberapa berita melansir adanya penculikan anak atau
kasus pelarian anak di bawah umur yang masih berstatus pelajar yang berawal
dari situs pertemanan atau jejaring sosial facebook di internet. Sifat anak
yang mudah percaya pada siapapun memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi adalah pengaruh negatif internet lainnya.
Banyak pelajar yang ditengarai sering berkunjung ke situs-situs yang berisi
gambar atau cerita porno. Hal ini tentu saja merupakan situasi yang sangat
memprihatinkan.
Kecanduan
permainan online yang melanda pada
pelajar juga merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan
dapat membuat pelajar kehabisan waktu dan energi untuk bermain. Akibatnya
prestasi pelajar pun menurun.
Dampak negatif internet pelajar yang makin hari
semakin terasa memprihatinkan terutama pornografi dan jejaring social facebook.
Banyak yang tidak menyadari akan pengaruh negatif internet khususnya facebook
ini. Mungkin karena sudah kecanduan dengan internet atau facebook. Tapi justru
inilah yang berbahaya, yang tidak disadari. Pengguna internet atau khususnya
facebook di dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
Berikut
ini dampak negatip internet khususnya facebook bagi pelajar :
1.
Tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya
Orang yang terlalu asyik dengan dunia yang
diciptakannya sendiri sehingga tidak peduli dengan orang-orang disekitarnya.
Hal ini sering dilakukan orang yang kecanduan internet atau Facebook. Tidak
peduli dengan lingkungan sekitar, dunianya berubah menjadi dunia internet atau
facebook.
2.
Minimnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama
bermain internet atau facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan
kehidupan sosial pelajar. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan
lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya
bersama teman teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang nggak
penting. Akibatnya kemampuan verbal pelajar menurun.
3.
Boros
Akses internet khususnya untuk membuka facebook jelas
berpengaruh terhadap kondisi keuangan ( terlebih kalau akses dari warnet ). Dan
biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara
negara lain (mereka sudah banyak yg garatis). Ini sudah bisa dikategorikan
sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka
menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
4.
Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak melihat di depan monitor tanpa
melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi
kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur.
Obesitas ( kegemukan ), penyakit lambung ( pencernaan ), dan penyakit mata
adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
5.
Waktu belajar berkurang
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain internet atau
facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si pelajar. Bahkan ada beberapa
yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.
6.
Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut
tidak lagi berlaku bagi para pecandu internet atau facebookers. Buat mereka
temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka
terhadap keluarga menjadi berkurang.
7.
Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan data mengenai dirinya
dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal di internet
hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data
pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi
facebook yang gampang sekali di hack!
8.
Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para pecandu internet atau
facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan sex. Karena kedua hal itu
yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. nah,
inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Di facebook akan
sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
9.
Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola jaringan internet
atau khususnya facebook terhadap para anggotanya dan ketidakdewasaan pengguna
internet atau facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering
sekali terjadi.
10.
Rawan penipuan
Facebook
juga rawan terhadap penipuan seperti media media lainnya, Apalagi bagi anak
anak pelajar yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si
penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat
menguntungkan. Belakangan penipuan via facebook kian merajalela.
BAB
III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Melihat dampak negatif dan positif dari teknologi
informasi dan komunikasi khususnya Internet di atas, dapat disimpulkan bahwa
bila dibandingkan dengan dampak negatif maka dampak positifnya adalah jauh
lebih banyak, jadi tidak mungkin kalau sampai dilarang di Inonesia.
Internet memberikan manfaat yang begitu besar bagi
pelajar tetapi di lain pihak internet menjadi suatu media informasi yang tidak
mudah untukdi batasi. Berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan
bercampur menjadi satu di mana untuk mengaksesnya hanya perlu satu sentuhan
jari saja. Berbagai informasi dengan mudah didistribusikan kepada pemakai
internet.
Terlepas dari dampak yang mungkin akan timbul,
internet tetap merupakan suatu teknologi baru di bidang komputer dan komunikasi
yang mampu memberikan berbagai kemudahan bagi para pelajar. Dalam beberapa
tahun ke depan dapat dipastikan bahwa internet akan menjadi tulang punggung
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
3.2.
Saran
Untuk mengatasi atau lebih tepat mencegah dampak
negatif terutama untuk pelajar atau remaja adalah sebagai berikut :
1.
Online block : banyak dari pelayanan komersil, seperti American Online dan
Prodigy mempunyai mekanisme untuk mengakses daerah terlarang dan tidak tepat
untuk anak-anak atau pelajar. Jikaanda bergabung
pada pelayanan online, akrabkan dengannya dan gunakan dengan persetujuan.
Khusus di Indonesia, Radnet – salah satu provider yang ada di Indonesia memang
telah memblokir majalah-majalah porno yang terdapat di Internet seperti Playboy
dan Penthouse.
2.
Cheklist : yakinkan bahwa anak-anak dan remaja tahu mana yang boleh dan tidak
boleh. Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang asing. Jangan
melakukan pertemuan face to face dengan user yang lain tanpa persetujuan
keluarga. Selalu ingat bahwa anonimitas (ketakbernamaan) dari Net dapat membuat
orang menyembunyikan umur dan identitasnya.
3.
Menunggu : tetaplah nongkrong ketika anak-anak sedang melakukan sesuatu.
Tanyakan favorit apa yang mereka lihat, biarkan mereka mengajarkan pada Anda beberapa ‘stroke’net. Jika Andaconcern pada kegiatan anak pada
online, cobalah berbicara pada mereka tentang hal tersebut. Buatlah komputer
menjadi kegiatan keluarga sehingga dapat dinikmati dan didiskusikan bersama
oleh seluruh keluarga.
4.
Lihatlah jam : Perhatikan berapa yang harus dibayar ketika anak menghabiskan
waktunya di online. Banyak tagihan untuk BBS atau Online service. khususnya
pada larut malam, mungkin merupakan indikasi dari suatu masalah.
5.
Special Software : Pertimbangkan pembelian software pembersih seperti
Surfwatch, yang mana akan melindungi computer yang meload dari salah satu
tempat access pada Internet yang diketahui berisi hal-hal sexual. Suatu usaha
untuk mencari halaman Penthouse Web, sebagai contoh,menghasilkan tulisan di
layar “Block by Surfwatch”.
6. Anda tidak sendiri : Persatuan orang
tua dan guru di sekolah atau kelompok lainnya yang concern terhadap masalah itu
bersama- sama akan membawa kita ke tempat dimana kita dapat bertukar pengalaman
dan mendapatkan support dari orang yang menghadapi masalah yang sama. Juga
katakan pada tetangga, karena upaya Anda akan
sia-sia jika anak di seberang rumah tanpa batas.
No comments:
Post a Comment